E – Book : Buku Oke yang Bikin Otak Nggak Mentok

Juni 2, 2009 at 11:51 am Tinggalkan komentar

e-book
Untuk tetap bisa dianggap manusia, tergantung otak kita dong mau diisi dengan apa? So, kamu jangan mau dibilang gaptek (gagap teknologi) di zaman dunia maya alias internet telah menggurita. Meski orang boleh saja bilang sekarang zaman edan karena banyak kelakuan manusia tak lagi manusiawi. Ada benarnya memang. Nah, kalau belajar bikin otak mentok dan bisa lebih beradab, tentu buku menjadi barang penting. Lantas apa hubungannyabzaman internet dengan buku? Jawabannya adalah E-book. Yuk, ngulik soal buku ajaib ini.
Tentu kamu tahu dengn yang namanya buku ! Benar, buku adalah kumpulan tulisan di lembaran kertas yang ditulis oleh penulis tertentu. Saat ini sih kalangan pelajar seperti kita males banget yang namanya baca buku. Melihat tebalnya bukunya saja sudah kalang kabut plus pusing. Makanya dengan teknologi canggih sekarang ini ada namanya E-book (buku elektronik). E-book ini bisa dibaca melalui komputer lho. Lebih praktis lagi dan tidak banyak membuang waktu dan uang.
Beberapa tahun belakangan ini, terutama pengguna internet, telah akrab dengan format buku elektronik yang bisa dibaca di gadget, notebook atau komputer. Bentuknya bisa berupa format PDF, DOC, HTML atau TXT. So, pernh nggak kamu mendengarnya atau membaca buku digital tersebut? Tidak hanya novel, buku-buku pelajaran pun telah banyak yang bisa dibaaca lewat e-book. Jadi sebenarnya efektif sekali menunjang belajar di tengah keterbatasan buku biasa yang mahal. E-book memiliki kelebihan dari segi efektifitasnya penggunaanya, karena tidak memerlukan bahan baku kayu, sebagai bahan dasar buku. Selain itu juga, harganya lebih murah karena gampang diakses dan dilipat gandakan tanpa proses cetak layaknya buku-bukunya yang tebal. Di tengah isu pemanasan global alias global warming tentu usaha menekan penggunaan kertas seminimal mungkin menjadi langkah positif. Dengan demikian hutan yang berperan penting menciptakan iklim dunia dan fungsi suplai oksigennya tetap terjga.
Tetapi sangat disayangkan banyak diantara pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum belum tahu apa itu e-book? Heehe, wajar ya kalau dipikir-pikir, karena tidak semua penduduk Indonesia melek internet. Selama ini kita mengetahui transfer ilmu, informasi, atau gagasan lebih identik melalui buku. Itu pun masyarakat belum menjadiknnya sebuah kebutuhan karena lagi-lagi, kesadaran pentingnya ilmu belum membumi. Lagipula melek membaca pun belum merata di negeri kita tercinta. Padahal semakin kedepan semakin canggih pemanfaatan teknologi ke dalam setiap dimensi kehidupan manusia. Seperti halnya media elektronik yang berkembang pesat sehingga memacu proses transfer ilmu dan informasi lebih efektif, efisien dan praktis.
e-book2
Buat kamu yang gemar membaca, tentu sudah pasti memiliki banyak koleksi buku, majalah, dan Koran yang semuanya berformat cetak. Hal serupa tentu juga berlaku kalau kamu menggemari musik dan film. Sudah pasti menyimpannya berjejal-jejal dalam VHS, VCD, DVD, atau keeping blue-run kesayangan. Nah, di zaman modern yang semuanya sudah serba digital ini, bacaan pun tak ketinggalan menjadi buku digital seperti yang sekarang dibahas. Koleksi buku berformat e-book tidak membuat kita ribet lagi membawa buku atau jika sudah banyak menumpuknya di rak buku, yang tentunya membutuhkan ruangan. E-book bisa menjadi buku yang mobile menunjang aktivitas kita dimanapun. Jika kamu mempunyai laptop cukup membawa laptop saja. Bisa juga menggunakan computer atau PDA ( Personal Digital Assistant). E-book menjadi lebih ringkas karena tidak menghabiskan berlembar-lembar kertas dan tak akan lapuk dimakan kutu buku atau rayap. Sekarang para bukuholic cukup ke warnet, membuka laptop/komputer untuk mengakses internet di rumah. Kamu bisa browsing dan mendownload saja, bisa e-book yang gratis ataupun membeli.
Untuk kota-kota besar, internet bukan hal yang aneh atau mewah lagi. Kota-kota kabupaten Indonesia pun hampir dipastikan warnet telah menjamur. Artinya pelajar sudah banyak yang gape internet-an. Persoalannya pelajar lebih lumrah menggunakan internet untuk having fun semata. Pelajar yang domain remaja ternyata lebih senang menggunakan fasilitas internet untuk chatting, browsing situs hiburan dan menjadi member jaringan social/pertemanan semacam friendster, facebook atau Hi5. Kalau kamu ngaku pelajar, ayo dong gunakan internet untuk pengetahuan juga. Kamu harus mencari tahu serba-serbi e-book dan bagaimana lebih maksimal memanfaatkannya. Terutama untuk menunjang pelajaran di sekolahmu, misalnya untuk mencari materi atau buku wajib yang telah dibuku digitalkan. Beberapa waktu lalu, Depdiknas pun telah membeli hak cipta buku pelajaran SD, SMP dan SMA untuk bisa didistribusikan secara gratis melalui e-book. Asyik kan?

Entry filed under: Teknologi. Tags: .

Aneka Sambal Pemanasan Global (Global Warming)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Today Is

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Ass. Saudaraku di seluruh dunia, ini adalah blog'Q semoga kita bisa selalu berbagi ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat untuk sekarang dan nanti. Ikhlas bukan sekadar bersih hati bukan berarti pasrah dalam cobaan juga bukan mengikuti arus air karena air yang mrngalir begitu saja belum tentu menuju tempat yang benar Sabar, bisa jadi cara kita berlapang dada atas musibah yang menimpa, dan memahaminya sebagai takdir yang harus dijalani sambil terus berusaha mencari pemecahannya. Ikhlas dan sabar.... Mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan Mungkin kita butuh cermin Untuk bisa ikhlas dan bersabar Cermin-cermin itu ada di sini Dalam Blog'Q, smoga kita bisa menjadi ahli syurga karena keikhlasan & kesabaran.....Amin

Bagaimana ????

Mr WordPress di Hello world!

%d blogger menyukai ini: